Back

Matahari Bhakti Nendya, S.Kom., M.T

Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Informasi, Game Technology and Extended Reality
Tenaga Pengajar

Matahari Bhakti Nendya, S.Kom., M.T adalah seorang akademisi yang berdedikasi di bidang teknologi informasi, saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Informasi. Dengan latar belakang pendidikan S1 di Teknik Informatika dari Universitas Kristen Duta Wacana dan S2 di bidang Jaringan Cerdas Multimedia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, beliau memiliki spesialisasi dalam Game Technology dan Extended Reality. Sebagai dosen, ia tidak hanya aktif dalam pengajaran dan penelitian, tetapi juga turut mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa di ranah teknologi imersif serta ekosistem digital yang terus berkembang.

Pendidikan
  • S1 : Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (S.Kom.)
  • S2 : Jaringan Cerdas Multimedia Institut Teknologi Sepuluh November (M.T)
Research Area

Sistem Pemetaan Berbasis Node Pada Augmented Reality Indoor Navigation

2024

NoJudul PublikasiJenis LKD BKD
1Augmented Reality Indoor Navigation Using NavMeshPublikasi Jurnal International
2Integrating DutaVerse with the Cultural Exhibition Hall in the Metaverse Academic Nexus Virtual Education Ecosystembook/book chapter

 

2023

NoJudul PublikasiJenis LKD BKD
1Desain Level Berbasis Storyboard Pada Perancangan Game Edukasi AugmentedReality Tap The TrashPublikasi Jurnal Nasional
2Usability Evaluation of Augmented Reality as Immersive Product GuidelinesPublikasi Jurnal International
3Company Profile Berbasis Augmented Reality di YogyakartaProsiding Nasional

 

2022

NoJudul PublikasiJenis LKD BKD
1POCONG RUSH:ENDLESS RUNNERGAME BASE ONFINITE STATEMACHINEPublikasi Jurnal International
2PELATIHAN DARING GAMEDEVELOPMENT BAGI SISWA-SISWITINGKAT SMA MENGGUNAKANCONSTRUCT 3.0Publikasi Jurnal National
3WorkshopPengembanganGame 2DMenggunakan Unitysecara BlendedLearning di SMKNegeri 2 Yogyakartadi SMK Negeri 2YogyakartaPublikasi Jurnal National

 

 

2021

NoJudul PublikasiNama JurnalTautan

1Sintesa Ekspresi Wajah Karakter Virtual 3D menggunakan Action Unit berbasis Facial Action Coding System (FACS)Journal of Animation and Games StudiesPreprint

2020

NoJudul PublikasiNama JurnalTautan
1Inovasi Pembelajaran Logika-Simbolik melalui Aplikasi DUTAlogic bagi Siswa TunarunguJP (Jurnal Pendidikan): Teori dan PraktikPreprint
2Pengaplikasian Sistem Warta Gereja, Bank Sampah dan DataUmat di Paroki Santa Maria Assumpta KlatenSeminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2020Preprint

Semester Aktif

  1. ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  2. PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  3. KERJA PRAKTIK
  4. ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER

Mata Kuliah yang pernah diampu

  1. PRAKTIKUM TEKNOLOGI KOMPUTER
  2. ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  3. PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  4. SISTEM BASIS DATA
  5. PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA
  6. KERJA PRAKTIK
  7. DESAIN GAME

2023

NoJudul PengabdianSumber Dana
1Peningkatan Kapasitas Penguasaan Teknologi Informasi Pengurus Kelompok Tani Ngudi Makmur dan Mutiara dalam Penggunaan Sistem Pemetaan Lahan Pertanian DutaTaniLPPM

 

2022

NoJudul PengabdianSumber Dana
1Pelatihan Game Development Menggunakan Unity Bagi Siswa SMK Negeri 2 YogyakartaLPPM

 

2021

NoJudul PengabdianSumber Dana
1PELATIHAN GAME DEVELOPMENT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 UNTUK SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAFAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

 

2020

NoJudul PengabdianSumber Dana
1Pelatihan Komputer Dasar dan Media Sosial untuk Gabungan Kelompok Tani Sedyo Makmur
2Pelatihan Komputer Dasar dan Media Sosial untuk Gabungan Kelompok Tani Sedyo Makmur

2024

NoJudul PenelitianSumber Dana
1Sistem Pemetaan Berbasis Node Pada Augmented Reality Indoor NavigationLPPM
2Transliterasi Aksara Jawa Dalam Citra Ke Teks Aksara LatinLPPM
3USABILITY EVALUATION SISTEM PRESENSI PERANGKAT BERGERAK BERBASIS AUTENTIKASI MULTI-FAKTORLPPM

 

2023

NoJudul PenelitianSumber Dana
1Manual Produk Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat BergerakLPPM
2Sistem Navigasi Indoor Bebasis Augemented RealityLPPM

 

2022

NoJudul PenelitianSumber Dana
1Pengembangan Permainan Digital Edukatif Berbasis Augmented RealityLPPM

 

Pin It on Pinterest